Searching...
Senin, 09 Maret 2015

Raih Prestasi Bersama SMK Negeri 1 Cariu

Raih Prestasi Bersama SMK Negeri 1 Cariu
SMK Negeri 1 Cariu
Raih Prestasi Bersama SMK Negeri 1 Cariu sebuah tulisan iseng disela duduk santai sambil olah raga jari dan mata menunggu santap siang. Bagi saya, masalah raih prestasi ketika belajar di sekolah itu bukan berarti harus juara, melainkan melakukan kegiatan belajar dengan benar tanpa nyontek. Sama halnya bila belajar di SMKN 1 Cariu, yang penting lakukan semua dengan dengan hati, kreatif dan pantang untuk nyontek. Masalah juara itu masalah nilai, yaitu sesuatu kode atau bentuk angka mewakili apa yang diraih dan masih bersifat subjektif. 

Prestasi dalam bentuk angka atau nilai tinggi sebenarnya masih sedikit abstrak dan belum tentu mewakili siswa yang belajar itu benar-benar berprestasi. Untuk meraih nilai tinggi mudah dan gampang, misalnya ikuti semua kemauan guru, baik-baik di sekolah, sebentar-bentar salaman dan cium tangan dan tersenyum semainis-manisnya, dijain si guru akan memberi perhatian. Apalagi jika ditambah rajin membaca, alias belajar dan serius untuk jadi yang terbaik, wah apsti lebih tinggi lagi nilainya. Namun tidak sedikit, mereka yang sedikit belajar, pura-pura hormat pada guru juga memiliki nilai tinggi. Itu semua hal wajar, karena guru jgua manusia.

Raih prestasi bisa dibilang suatu hal yang tidak bisa diucapkan, tapi bisa dirasakan dan dibuktikan dengan melihat subjek. Banyak kekeliruan dimana raih prestasi pointnya adalah menjadi juara,, padahal prestasi itu bentuknya sangat luas dan banyak. Adakalanya nilai raport atau ijazah tidak terlalu baik, tapi mereka berprestasi dalam bidang olah raga, atau bdiang lainnya. Nah, bilamana prestasi hanya dilihat dalam bentuk nilai rapot atau ijasah, maka penacpaiannya jauh lebih mudah karena penilaian masih dilakukan oleh seorang guru yang juga memiliki rasa.

Lalu apa hubungannya dengan raih prestasi bersama SMK negeri 1 Cariu? Ada sih, tapi cuma sedikit kalau lihat tulisan sedikit kanan kiri entah apa tujuannya. Intinya raih prestasi itu hal wajib, tapi jangan terlalu fokus pada yang namanya nilai tinggi pada pelajaran di skeolah saja. Prestasi bisa dibilang keren bila ada hasil nyata dari kreatifitas,  misalnya penemuan, karya atau bentuk apapun yang tentunya akanmembanggakan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Bilamana raih prestasi seperti halnya di SMK negeri 1 Cariu fokus pada nilai, itu semua sudah biasa dan umum. Lalu bagaimana seterusnya, ya lakukan saja apa yang seharusnya dilakukan sebagai pelajar. Terima kasih, semoga bingung bacanya.

Banner

 
Back to top!